Selamat Hari Pramuka ke-54 tahun 2015

  “14 Agustus harinya Pramuka”
  “Hari lahirnya Pramuka Indonesia”
  “Ting Ting Ting Des Syalala Lala”
  “Ting Ting Ting Des Syalala Lala”

Mungkin sedikit dari kita yang tahu tentang lagu ini, tapi dengan lagu sederhana ini, kita bisa dengan mudah mengingat Hari Ulang Tahun Pramuka. HUT Pramuka atau Hari Pramuka yang biasa kita peringati tiap tanggal 14 Agustus tidak hanya mengisyaratkan kita untuk mengingat-ingatnya, melainkan sebagai momentum kita berintrospeksi diri “Sebagai Pendidik, apa yang sudah kita berikan untuk Pramuka”, “Sebagai Peserta Didik, apa yang sudah kita pelajari dari Pramuka”.

image

Karena pada kenyataannya dari tahun ke tahun “Semangat Pramuka, Jiwa Pramuka, dan Nilai-Nilai Keteladanan Pramuka” telah luntur dan jarang kita temui. Hal ini dikarenakan Pendidikan Kepramukaan dianggap sebagai suatu Pendidikan Non Formal yang kurang penting, itu terlihat dari semakin berkurangnya minat peserta didik untuk mengikuti kegiatan Kepramukaan. Selain itu upaya sekolah dan Stakeholder Pendidikan dirasakan juga kurang maksimal dalam mendukung kegiatan Kepramukaan.

image

image

image

Walaupun pemerintah sudah menetapkan Pramuka sebagai ekstra kurikuler wajib pada Kurikulum 2013 tapi Kepramukaan belum nampak pengaruhnya pada peserta didik secara langsung. Karena itu pada tahun ini SDN 7 Kampungdalem berusaha tidak hanya melaksanakan Upacara memperingati Hari Pramuka, namun berupaya untuk menggiatkan kembali kegiatan Kepramukaan melalui lomba-lomba atau permainan-permainan yang akan dilaksanakan besok pada Sabtu, 15 Agustus 2015.

image

image

image

Adapun berbagai jenis kegiatan yang akan dilaksanakan dibagi menjadi 2 kelompok besar yaitu Kelompok Pramuka Siaga (Kelas 1, 2, 3) dan Kelompok Pramuka Penggalang (Kelas 4, 5, 6).
Untuk Kelompok Pramuka Siaga dilaksanakan kegiatan lomba seperti:
1. Balap Kelereng
2. Balap Balon Berpasangan
3. Memindahkan Bendera
4. Kipas Balon
5. Balap Bola Pimpong
Sedangkan untuk Kelompok Pramuka Penggalang lomba:
1. Balap Karung
2. Pukul Hantu
3. Makan Kerupuk
4. Memasukkan Benang
5. Mencari Harta Karun

Selamat Hari Ulang Tahun Pramuka ke 54 Tahun 2015, “Satyaku Kudharmakan, Dharmaku Kubaktikan”.

Posted from WordPress for Android by Dodik Hariyadi

1 Komentar

Filed under Uncategorized

1 responses to “Selamat Hari Pramuka ke-54 tahun 2015

  1. Ping-balik: Lomba-Lomba dalam rangka Peringatan Hari Pramuka ke-54 & HUT Proklamasi Kemerdekaan RI ke-70 | SDN 7 KAMPUNGDALEM

Tinggalkan komentar